Saturday, March 8, 2014

Kopral KKO Usman juga jadi nama taman kota



Merdeka.com - Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto menyebut Usman Haji Mohamad Ali alias Usman Janatin dan Harun Said merupakan pejuang bangsa sehingga namanya layak diabadikan sebagai nama salah satu KRI, yakni Usman Harun. Bahkan di Purbalingga, nama Usman Janatin diabadikan sebagai nama Taman Kota yang menempati lahan eks Pasar Purbalingga.

"Bagi bangsa Indonesia, Usman dan Harun merupakan pahlawan. Ini juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi warga Purbalingga karena nama Usman Janatin diabadikan sebagai nama sebuah kapal perang," katanya, di Purbalingga, Jumat (7/2).

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya berterima kasih kepada pimpinan TNI Angkatan Laut yang telah mengabadikan dua nama pahlawan tersebut dalam KRI Usman Harun.

Disinggung mengenai protes keberatan pemerintah Singapura terhadap penamaan KRI Usman Harun, dia mengatakan bahwa pihaknya tidak ingin mencampuri permasalahan tersebut karena bagi bangsa Indonesia, Usman dan Harun merupakan pahlawan atau pejuang bangsa.

"Sebagai warga Purbalingga, kita sangat bangga karena pahlawan kita diabadikan sebagai nama salah satu kapal perang," kata Bupati menegaskan.

Seperti diketahui, pemerintah Singapura memprotes TNI AL karena berniat menamai salah satu KRI dengan nama Usman Harun.

Penamaan kapal itu diambil dari nama dua pahlawan nasional Indonesia (pahlawan Dwikora), yaitu Usman Haji Mohamad Ali alias Usman Janatin dan Harun Said.

Usman yang dilahirkan di Dusun Tawangsari, Desa Jatisaba, Kecamatan Purbalingga, bersama Harun merupakan prajurit Korps Komando Operasi (sekarang Marinir).

Kedua prajurit tersebut gugur dengan cara digantung di Singapura pada tanggal 17 Oktober 1968, saat terjadinya konfrontasi Indonesia dengan Malaysia (pada waktu itu Singapura masih masuk wilayah Malaysia).

Dalam hal ini, Usman dan Harun dituduh mengebom MacDonald House, Orchard Road, Singapura, pada tanggal 10 Maret 1965, sehingga menewaskan tiga orang dan melukai 33 orang.

No comments:

Post a Comment